PHASES OF THE MOON 2014

PHASES OF THE MOON - Tahapan rotasi bulan tahun 2014 (PHASES OF THE MOON). Tabel berikut memberikan informasi mengenai  tanggal dan waktu (Universal Time) dari semua fase Bulan untuk tahun 2014. Untuk tahun 2000, panjang rata-rata bulan synodic (New Moon ke New Moon) adalah 29,530588 hari. Namun, panjang dari satu bulan synodic dapat bervariasi 29,26-29,80 hari karena efek Matahari mengganggu pada orbit eksentrik Bulan.

Tahapan dari tabel phases of the mood menunjukkan kapan gerhana matahari atau bulan berlangsung dan memberikan informasi mengenai  jenis gerhana. Gerhana Matahari dapat terjadi hanya pada New Moon (bulan baru), sedangkan gerhana bulan dapat terjadi hanya pada bulan purnama. (lihat: Gerhana Matahari untuk Pemula dan Lunar Gerhana untuk Pemula). Dalam setiap tahun kalender minimal ada dua gerhana bulan dan dua gerhana matahari. Jumlah maksimum gerhana dalam satu tahun adalah 7 (4 matahari dan bulan 3, atau 5 matahari dan 2 bulan. Tabel berikut mencantumkan singkatan untuk berbagai jenis gerhana matahari dan bulan.

Eclipse Types

Dalam ilmu falak phases of the mood (tahapan rotasi bulan) digunakan untuk mengetahui kapan saat terjadinya ijtima’. Yaitu dengan cara mengganti bulan masehi dengan bulan hijriyah dan melihat pada kolom new moon untuk mengetahui tanggal saat terjadinya bulan baru. Dalam tabel phases of the mood ini waktu yang digunakan masih menggunakan jam Greenwich mean time (GMT). Untuk merubah menjadi jam WIB harus ditambah tujuh jam (+7), WITA harus ditambah delapan jam (+8) dan WIT ditambah sembilan jam (+9).

Berikut tabel Phases Of The Moon

Phases Of The Moon

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 komentar:

Posting Komentar