Banyak Planet Terlihat di Bulan Mei 2019

Banyak Planet Terlihat di Bulan Mei 2019

My Dock - Pada hari-hari biasa kita tidak akan bisa melihat planet yang ada di tata surya tanpa menggunakan alat bantu, karena revolusi Bumi dengan revolusi planet lain di galaksi bima sakti tidaklah sama. Di bulan Mei 2019, planet-planet yang berdekatan dengan Bumi akan bisa kita amati karena posisi planet tersebut hampir sejajar dengan bumi saat berevolusi. 

Di bulan Mei 2019 dengan melakukan pengamatan tanpa menggunakan alat bantu, kita bisa mengamati planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Sebenarnya kita juga bisa melihat planet lain Uranus dan Neptunus tetapi harus menggunakan alat bantu karena penampakannya sangat redup. Waktu yang tepat untuk mengamati / melihat planet-planet tersebut adalah sebagai berikut:

1. Merkurius dan Venus

Merkurius dan Venus

Di awal bulan Mei 2019, Merkurius, Venus dan Bulan Sabit akhir akan tampak berpada di ufuk timur jelang fajar. Merkurius, Venus dan Bulan membentuk sebuah segitiga dengan jarak sekitar 8º. Kita bisa melihat fenomena tersebut tanpa menggunakan alat bantu sekitar pukul 04:06 Wib - 04:39 Wib.

2. Mars

Mars

Planet ke - 4 dalam Galaksi Bima Sakti ini bisa kita amati tanpa menggunakan alat bantu saat Matahari mulai tenggelam, berada pada posisi 29º di barat laut. Bulan akan nampak di selatan Mars dengan jarak sekitar 3,2º. Untuk melihat Bulan dan Mars secara bersamaan akan di mulai sekitar pukul 20:10 Wib.

3. Jupiter dan Saturnus

Jupiter dan Saturnus

Kedua planet ini akan menghiasi langit malam disepanjang bulan Mei 2019. Jupiter akan mulai terlihat sekitar pukul 20:00 Wib dan Saturnus akan terlihat sekitar pukul 22:00 Wib. Kedua planet ini akan terus bergerak naik dan berpapasan dengan bulan secara bergantian pada 20 dan 22 Mei 2019.

4. Uranus dan Neptunus

Uranus dan Neptunus

Untuk mengamati kedua planet ini kita harus menggunakan alat bantu teleskop atau yang lainnya, karena penampakannya sangat redup dibandingkan dengan planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Uranus akan sulit diamati karena posisinya yang berdekatan dengan Matahari. Sedangkan Neptunus akan bisa diamati pada tengah malam sampai fajar disepanjang bulan Mei 2019. Akan tetapi dengan penampakannya yang redup, untuk mengamatinya harus menggunakan alat bantu.

Sumber: 
Avivah Yamani. 2019. Fenomena Langit Bulan Mei 2019. langitselatan.com

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

6 komentar:

  1. Wash gila keren sih ini.. semoga aja langitnya cerah.

    BalasHapus
  2. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini F4ns Bett1ng (WA +855 96315624)^^

    BalasHapus
  3. Waaah .. beruntung ya kota yang memiliki menara teropong seperti di Boscha Bandung itu ..
    Bisa lihat jajaran planet secara jelas di bulan Mei kemarin ..

    Semoga ya, nantinya ditiap kota ada fasilitas teropong luar angkasa begitu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga setuju jika setiap provinsi dibuatkan Observatorium seperti di bandung. Pastisangat bermanfaat..

      Hapus
  4. Wow info yang menarik.saya di Bandung tapi gk tau itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah mampir kesini jadi tau kan, hehe..

      Hapus