Menu Buka Puasa Sehat dan Cara Berbuka yang Benar

Menu Buka Puasa Sehat dan Cara Berbuka yang Benar

My Dock - Saat menjalankan ibadah puasa, kita pasti merasakan lemas, dehidrasi dan kurang bertenaga karena kurangnya asupan cairan dan makanan dalam tubuh. Oleh karena itu, penting saat sahur dan berbuka puasa memberikan asupan makanan dan minuman bernutrisi pada tubuh kita.

Mengenai menu buka puasa, Rasulullah SAW menganjurkan untuk berbuka dengan makanan yang manis. Hal ini didasarkan dari hadis yang diriwayatkan Abu Daud dan dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud, yang berbunyi: "biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air”.

Kurma merupakan salah satu menu berbuka puasa yang bisa kita konsumsi. karena kandungan gula / Glukosa yang ada dibuah kurma berfungsi sebagai bahan bakar energi sama halnya dengan lemak. Akan tetapi jika anda sedang terkena penyakit gula, kurangi bahkan hindari untuk mengonsumsi makanan manis saat sahur dan berbuka.

Selain buah kurma, untuk memulihkan kondisi tubuh setelah seharian penuh menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, Protein, Lemak Nabati, Air, Vitamin dan Mineral. Hal ini sama dengan rekomendasi menu makanan sahur.


Setelah buka puasa kadang tubuh kita malah drop, lemas, mual dan ngantuk. Hal ini dikarenakan cara berbuka puasa yang kurang tepat. Cara berbuka puasa yang baik dan benar adalah,

1. Minum Air Putih


Air putih menjadi yaang utama saat berbuka karena mudah diserap oleh tubuh, sehingga menjadikan tubuh segar kembali. Selain Air putih, juga bisa mengonsumsi kurma, jus buah, sari buah, sop buah, salad buah segar dan juga agar-agar.

2. Mengonsumsi Makanan Berat


Setelah minum air berilah jeda dahulu sebelum mengonsumsi makanan berat. Jika terburu-buru setelah minum air langsung mengonsumsi makanan berat bisa menjadikan perut terkejut, kram bahkan hingga muntah. Kategori makanan berat adalah nasi merah atau kentang, tumis sayur, aneka sup, karedok atau pecel, ayam panggang / rebus dan daging bakar. Hindari mengonsumsi makanan pedas, minuman bersoda dan minum kopi saat berbuka, makanan dan minuman ini bisa meningkatkan asam lambung dan mag.

Sumber: 
Candra Okta Della. 2018. Sesuai Sunnah, Ini Cara dan Urutan Berbuka Puasa yang Benar, Jangan Sampai Salah. palembang.tribunnews.com
......... Tips Makan Sehat Saat Berbuka Puasa. doktersehat.com

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

7 komentar:

  1. Mantap mice info... Pas buat yg lgi mmjlnkan ibdah puasa

    BalasHapus
  2. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini F4ns Bett1ng (WA +855 96315624)^^

    BalasHapus
  3. Artikelnya bagus, mas.
    Sangat bermanfaat buat pedoman yang menjalankan ibadah puasa.

    Selama berpuasa, kebutuhan nutrisi seimbang tetap wajib terpenuhi ya, agar tubuh selalu fit.

    BalasHapus
  4. alhamdulillah tahun 2019 ini sukses ga ada problem di pertu selama pergantian puasa dan syawal, biasanya tahun-tahun kemarin suka bermasalah di perut. persis saya terapkan hal diatas, malahan kadang berbuka puasa dengan kurma aja. menyenangnkan juga bisa turun BB sampai 6 kg.. sujud syukur .. he he

    BalasHapus
  5. Thanks infonya. Oiya ngomongin puasa, saya nemuin artikel menarik nih yang ngebahas tentang cara cerdas untuk hemat saat bulan Ramadan. Cek di sini ya: Jurus amankan uang saat bulan puasa, agar kantong nggak jebol

    BalasHapus