Rekomendasi Menu Makanan Sahur


My Dock - Makan sahur penting dilakukan saat menunaikan ibadah puasa Ramadhan agar tubuh kita bisa vit saat menjalankan ibadah puasa dan kegiatan disiang hari. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, kita harus pandai dalam memilih menu makanan yang akan kita konsumsi pada saat makan sahur. Jangan sampai tubuh kita drop, lemas dan sakit pada saat menjalankan ibadah puasa karena salah mengonsumsi makanan pada saat makan sahur.

Agar hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, berikut adalah rekomendasi menu makanan sahur yang bisa memberikan energi  untuk tubuh kita agar ibadah puasa kita bisa berjalan lancar dan siap untuk beraktifitas disiang harinya.

1. Makanan yang Mengandung Karbohidrat


Dalam tubuh manusia karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. Energi tersebut dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas seperti bernafas, berfikir, bergerak dan lain sebagainya. Fungsi lain dari karbohidrat adalah untuk membatasi asupan kalori dalam tubuh. kandungan karbohidrat yang mempunyai serat tinggi mampu memperpanjang rasa kenyang, sehingga pada saat menjalankan ibadah puasa kita tidak lemas saat disiang hari dan masih banyak lagi fungsi dari karbohidrat yang penting untuk tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat diantaranya adalah: nasi, nasi merah, ubi-ubian, roti, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal dan buah-buahan.

2. Makanan yang Mengandung Protein


Fungsi Protein bagi tubuh adalah sebagai sumber energi dan juga memproduksi berbagai macam enzim dan hormon yang menjadikan tubuh berfungsi normal. Untuk mendapatkan asupan protein kita bisa mendapatkan dari: ikan laut, daging ayam, telur, kedelai, kacang polong, susu, keju dan yoghurt. Makanan yang mengandung protein tersebut sangat baik dikonsumsi pada saat sahur.

3. Makanan yang Mengandung Vitamin dan Mineral


Agar tubuh tidak gampang lelah dan kurang energi saat menjalankan ibadah puasa, diharuskan utnuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral saat makan sahur. Vitamin dan mineral bisa kita dapatkan dari, buah-buahan, sayuran, daging, ikan dan juga suplemen.

4. Makanan yang Mengandung Lemak Nabati


Lemak juga termasuk sumber energi bagi tubuh selain Karbohidrat dan Protein. Selain itu, Lemak juga bermanfaat untuk proses penyerapan beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi kita juga tidak boleh mengonsumsi makanan mengandung lemak secara berlebihan. Lemak Nabati bisa kita peroleh dari, ikan, buah alpukat, kacang, coklat hitam dan minyak zaitun murni.

5. Air


Sepele tapi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Air merupakan komponen utama dalam sel tubuh manusia. Apabila kurang dalam mengonsumsi air tubuh akan gampang dehidrasi dan lemas. Untuk orang dewasa dianjurkan untuk minum air sebanyak 2 - 2,5 liter air setiap harinya. Hal ini tidak mungkin jika dilakukan pada saat kita menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu kita harus pandai dalam mengatur waktu mengonsumsi air agar tidak dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa.

Itulah beberapa rekomendasi menu makanan saat sahur, yang penting kita harus bijak saat makan sahur dan tidak boleh berlebihan. Semoga rekomendasi menu makanan saat sahur ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Sumber :
Dian Maharani. 2016. Manfaat Vitamin dan Mineral bagi Tubuh. lifestyle.kompas.com
Benedikta Desideria. 2015. 6 Fungsi Air dalam Tubuh. liputan6.com
dr. Kevin Adrian. 2018. Deretan Makanan Berlemak Tinggi yang Baik untuk Kesehatan. alodokter.com
dr. Marianti. 2019. Manfaat Lemak Nabati bagi Kesehatan Tubuh. alodokter.com
dr. Allert Benedicto Ieuan Noya. 2017. Fungsi Protein Penting Mendukung Tubuh Siap Beraktivitas. alodokter.com
dr. Kevin Adrian. 2018. Jangan Dihindari, Fungsi Karbohidrat Penting untuk Tubuh. alodokter.com

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

2 komentar:

  1. kolek itu mengandung apa ya pak? saya kebanyakan buka puasanya makan kolek, hehe

    salam BW

    BalasHapus
  2. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini F4ns Bett1ng (WA +855 96315624)^^

    BalasHapus