Dalam surat al-Fatihah pada kalimat نَسْتَعِيْنُ ط dengan tanda baca ( ط ) ada yang diberi tanda waqaf نَسْتَعِيْنُ قلى kalau benar dengan tanda baca waqaf yang kedua, apa nama bacaannya ?
Jawab :
Memang benar dalam Al-Qur’an cetakan Indonesia pada kalimat tersebut ada perbedaan pemberian tanda baca waqaf tersebut, tetapi keduanya mempunyai makna yang sama.
Memang benar dalam Al-Qur’an cetakan Indonesia pada kalimat tersebut ada perbedaan pemberian tanda baca waqaf tersebut, tetapi keduanya mempunyai makna yang sama.
(ط) artinya : Muthlaq menunjukkan utamanya waqaf. (قلى) artinya : Al-Waqfu aula menunjukkan utamanya waqaf. Namun demikian jika diwashalkan dengan ayat berikutnya tidak apa-apa artinya tidak merubah makna, dan harus tetap menghidupkan harokat dlomahnya huruf Nun, contoh :
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ.
عن أم سلمة أن النبي كان يعد ( ) بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ ( ) آَيَةٌ فَاصِلَةٌ ( ) اَلْحَمْدُ لِهََِع رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ ( ) وَكَذَلِكَ كَانَ يَقْرَأُهَا ( ) إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ( ) إِلَى آَخِرِهَا سَبْعٌ وَعَقَدَ بِيَدِهِ الْيُسْرَى وَجَمَعَ بِكَفَيْهِ. البيان في عد آي القرآن - (ج 1 / ص 66)
عن أم سلمة أن النبي كان يقرأ بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين الرحمن الرحيم مالك يوم الدين إياك نعبد وإياك نستعين اهدنا الصراط المستقيم صراط الذين أنعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولا الضالين فقطعها آية آية وعدها عد الأعراب وعد بسم الله الرحمن الرحيم آية ولم يعد عليهم. أخرجه أحمد وأبو داود والترمذي وابن خزيمة والحاكم والدارقطني وغيرهم. الإتقان في علوم القرآن - (ج 1 / ص 184)
Termasuk tanda-tanda yang menunjukkan “waqaf lebih utama” adalah : ( (ج artinya : Jaiz danقف) ) artinya : Shighat fi’il amar.
0 komentar:
Posting Komentar