Teleskop Hubble Temukan Abell2744 Y1

Abell2744 Y1

My-Dock News - Akhir-akhir ini terdapat berita baru dari teleskop hubble, yang dalam rangkaian citra Frontier Field mengungkap kandidat obyek tertua di alam semesta. Obyek tersebut berjarak sekitar 13 miliar tahun cahaya dari planet bumi. Hasil foto Frontier Field tersebut diperoleh dengan menggunakan teknik pengamatan gravitational lensing.

Citra Deep Field disuguhkan teleskop huble dengan menampakkan wilayah langit di Konstelasi Ursa Major. Citra tersebut kaya akan obyek alam semesta yang jaraknya jauh dari bumi. Sebelumnya Citra Deep Field berhasil mengungkap adanya 3.000 galaksi yang belum pernah diketahui sebelumnya pada tahun 1996.

Galaksi yang berjarak 13 miliar dari bumi tersebut diberinama Abell2744 Y1. Dilihat dari jaraknya yang jauh dari bumi sekitar 13 miliar tahun, 13 miliar tahun jugalah manusia baru bisa melihat objek tersebut. Berdasarkan keterangan dari pakar Astronomi Amerika, obyek tersebut diduga terbentuk hanya 650 juta tahun setelah Big Bang.

Galaksi yang diberinama Abell2744 Y1 tersebut mempunyai ukuran lebih kecil apabila dibandingkan dengan galaksi Bimasakti. Akan tetapi membentuk bintang 10 kali lebih cepat dari Bimasakti.


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

3 komentar:

  1. Teliti banget ya ngliatnya...
    Kalo saya yg liat akan saya kira sebagai kotoran di lensa teleskop haha :D

    BalasHapus
  2. trimakasih informasinya........ trimakasih sudah berkunjung....

    BalasHapus