Lingkaran Meridian dan Lingkaran Waktu

Lingkaran Meridian dan Lingkaran Waktu - Seperti yang sering kita lihat pada gambar bola langit bahwa titik kutub langit utara bila kita tarik garis ke arah titik kutub selatan langit maka akan menjadi sumbu langit. Selanjutnya dari kutub langit utara ke kutub langit selatan dapat dibuat lingkaran-lingkaran yang jumlahnya tak terbatas, yang semuanya tegak lurus pada lingkaran equator / khatulistiwa langit. Lingkaran-lingkaran yang demikian ini, disebut dengan lingkaran waktu.

Dapat ditarik sebuah pengertian bahwa lingkaran waktu adalah lingkaran pada bola langit yang menghubungkan kedua titik kutub. Yang mana lingkaran waktu ini bertitik pusat pada titik pusat bola langit. Oleh karenaya ia merupakan lingkaran besar.  dan akan selalu tegak lurus dengan lingkaran equator /khatulistiwa.

Dengan demikian lingkaran meridian juga merupakan lingkaran waktu, hanya saja ia mempunyai keistimewaan, yaitu melalui titik zenit dan titik nadir.
Lingkaran Meridian dan Lingkaran Waktu

Gambar 2.
Keterangan:
Z    = Titik Zenith
N    = Titik Nadir
U    = Titik utara
S    = Titik selatan
EQ    = Equator
KLU    = Kutub Langit Utara
KLS    = Kutub Langit Selatan

Semua lingkaran waktu yang terlihat dalam gambar diatas itu, membuat sudut 900 terhadap lingkaran equator.

Dan ingat lingkaran meridian adalah lingkaran vertikal yang melalui titik nadir, zenith, pada meridian itu terdapat pula kutub utara langit, kutub selatan langit, titik utara, dan titik selatan. (lihat gambar 2).

Baca juga artikel Tinggi Kutub

Sumber: Makalah Ibu Imroatul Munfarida, Astronomi

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 komentar:

Posting Komentar