Menyaksikan Penyembelihan Hewan Kurban

Menyaksikan Penyembelihan Hewan Kurban - Pada hakikatnya penyebelihan hewan kurban harus dilakukan oleh orang yang berkurban itu sendiri. akan tetapi, bagi orang yang tidak mampu atau tidak ahli dalam penyembelihan, ia boleh meminta bantuan orang lain untuk menyembelihkannya, dan menyaksikan penyembelihan itu.

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- :« يَا فَاطِمَةُ قَوْمِى فَاشْهَدِى أُضْحِيَتَكِ فَإِنَّهُ يُغْفَرُ لَكِ بِأَوَّلِ قَطْرَةٍ تَقْطُرُ مِنْ دَمِهَا كُلُّ ذَنْبٍ عَمِلْتِيهِ وَقُولِى إِنَّ صَلاَتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ ». قِيلَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ هَذَا لَكَ وَلأَهْلِ بَيْتِكَ خَاصَّةً فَأَهْلُ ذَلِكَ أَنْتُمْ أَمْ لِلْمُسْلِمِينَ عَامَّةً قَالَ : بَلْ لِلْمُسْلِمِينَ عَامَّةً. رواه البيهقي - السنن الكبرى - (ج 5 / ص 238)

Dari ‘Imran bin Khushain, berkata : Rasulullah Saw, telah bersabda : Wahai Fathimah, berdirilah dan saksikanlah penyembelihan qurbanmu, sesungguhnya di ampuni dosa bagimu di awal tetesan yang menetes dari dari darah qurban itu setiap dosa yang kamu lakukan, dan berdo’alah : “Sesungguhnya shalatku, ibadah ku, hidupku dan matiku semata untuk Alloh Tuhan sekalian alam, tidak sekutu bagi Nya, dan untuk hal itu aku diperintahkan, dan aku termasuk golongan orang yang berserah diri”. Ditanyakan : Wahai Rasululloh, apakah demikian ini untuk Engkau dan ahli bait Engkau secara khusus, lalu ahli keluargamu semua ataukah bagi umat Islam secara umum ?. Jawab beliau : Untuk umat Islam secara umum. HR. Baihaqiy. (As-Sunanul Kubra li al-Baihaqiy, Juz : V halaman : 238).

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 komentar:

Posting Komentar