NASA Meluncurkan Roket Ke Venus

Venus
My-Dock News - Setelah belum lama ini pakar astronomi Amerika/NASA meluncurkan roket Maven untuk meneliti bagian atmosfer planet Mars, kini pada tanggal 25 November kemarin NASA kembali meluncurkan roket untuk menyelidiki atmosfer Venus. Dalam misi penelitian atmosfer Venus tersebut Nasa meluncurkan roket yang diberi nama VeSpR untuk penelitian jangke pendek. Roket tersebut lepas landas dari White Sands Amerika Serikat.

Roket VeSpR Instrumen nantinya akan mengamati planet Venus kurang lebih selama 8 menit. Data dari roket VeSpR akan dikirimkan secara real time, hingga roket VeSpR kembali mendarat ke Bumi. Payload roket akan diambil lagi agar instrumen roket tersebut dapat digunakan untuk penelitian berikutnya.

Dalam penelitian ke planet Venus kali ini pakar astronomi Amerika Clarke dan timnya, bekerja sama dengan Jean-Loup Bertaux dari Prancis Center National de la Recherche Scientifique untuk mempelajari planet menggunakan instrumen UV pada pesawat ruang angkasa badan Antariksa Eropa Venus Express.

Pada penelitian kali ini, roket VeSpR akan membawa teleskop sejauh 65 mil/110 Km diatas permukaan Bumi. Pada ketinggian tersebut memungkinkan roket untuk menerima pancaran sinar ultraviolet/UV yang dipancarkan oleh atmosfer Venus. Pengukuran ini tidak bisa dilakukan langsung dari teleskop Bumi, karena lapisan atmosfer Bumi menyerap sebagian besar sinar UV sebelum menyentuh permukaan tanah.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, data yang dikumpulkan dari pesawat ruang angkasa NASA 1978 Pioner Venus menunjukkan bahwa Venus dulu mempunyai air yang cukup untuk menutupi seluruh dunia dengan ketinggian 23 kaki atau sekitar 7 meter. Akan tetapi jumlah hidrogen dan deuterium pada atmosfer planet Venus bervariasi pada ketinggian yang berbeda. Untuk mengatasi ketidakpastian tersebut, roket VeSpr akan membuat pengukuran khusus dibagian atas atmosfer planet Venus.

Clarke dan timnya akan menggabungkan pengukuran ini dengan mengamati planet Venus dengan peralatan baru yaitu Hubble Space Telescope NASA.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

1 komentar:

  1. sob bolehkah saya bantu psoting atau yg kaya admin lagi | biar gw ad kerjaan | email gw kurniawanisback@gmail.com twitter @TKJ_kurniawan

    BalasHapus