Menanam Bayam di Pekarangan Rumah

Menanam Bayam di Pekarangan Rumah
Menanam Bayam di Pekarangan Rumah - Bagi temen-temen yang mempunyai lahan pekarangan ngannggur alias tidak dimanfaatkan, alangkah baiknya jika lahan tersebut dimanfaatkan dengan menanaminya beraneka macam sayur seperti: bayam, kangkung, cabai (lombok) ataupun yang lain. Berikut ada beberapa tip menam bayam dilahan pekarangan rumah,

Tanaman bayam memiliki banyak jenis atau variitasnya diantaranya, cummy, stayful, dan green lake. Ada juga varietas bayam lokal seperti, giti merah, giti hijau, sukamandi dan kuningan. Tanaman bayam sebenarnya merupakan tanaman sayur dataran tinggi, akan tetapi tanaman ini juga bisa tumbuh di dataran rendah.

Media dari tanaman ini membutuhkan tanah yang gembur. Pemberian pupuk dasar (pupuk kandang atau kompos) lebih baik dilakukan bersamaan dengan pengolahan tanah (penggemburan). Buatlah Gulutan (bedengan) dengan ukuran 1m x 3m (tergantung lahan yang dimiliki). Alangkah baiknya apabila gulutan atau bedengan tadi dibuat lebih tinggi, hal ini bertujuan untuk meminimalisir keluarnya benih bayam saat dilakukan penyiraman.

Setelah gulutan atau bedengan sudah jadi sekarang tinggal menaburkan benih bayam. Penaburan benih bayam dilakukan dengan cara menyampur benih dengan abu halus dengan perbandingan 1 : 10 (1 bagian benih : 10 bagian abu). Pada saat akan menabutkan benih buatlah guritan-guritan pada gulutan atau bedengan tadi menurut baris sepanjang gulutan. Dalam membuat guritan tidak usah dalam-dalam sekitar 1-1.5 cm, dengan jarak 20 cm. Langkah selanjutnya taburlah benih pada guritan-guritan yang telah dibuat tadi kemudian tutupi dengan tanah tipis, dan disiram pagi dan sore hari (jika musim kemarau).

Proses penyiangan dan penggemburan setelah masa tanam dapat dilakukan 2 minggu setelah masa tanam, untuk selanjutnya 2minggu sekali. Pemberian pupuk kimia seperti Urea, SP36 dan KCI dapat dilakukan 3 minggu setelah masa tanam.

Akan tetapi yang namanya mahluk hidup, bayampun juga memiliki penyakit. Penyakit yang sering menyerang tanaman ini adalah, 
  • Downy mildew, penyakit ini sering menjangkit tanaman bayam pada musim penghujan. Tanda-tanda penyakit ini adalah daun magian atas menguning dan daun bagian bawah berwarna hijau keunguan dan akhirnya akan berwarna coklat. Pencegahan terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan memetik daun yang terjangkit. 
  • Spinach blight, penyakit ini ditandai dengan daun-daun yang menggulung (puter=bahasa jawa) pada daun muda. Karena penyakit ini belum ada obatnya maka pencegahan dapat dilakukan dengan memusnahkan tanaman yang terserang.
Pemanenan tanaman bayam. Bayam cabut penjarangan dapat dilakukan 20 hari setelah tanam, kemudian hari ke 25-30 dan seterusnya sampai tamanan habis.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 komentar:

Posting Komentar