Kegaduhan Akibat Virus Corona

Kegaduhan Akibat Virus Corona

Beberapa hari yang lalu heboh diberitakan adanya seseorang yang terjangkit virus corona di Indonesia, tepatnya seorang pegawai Huawei yang berkantor di Gedung BRI Jakarta. Setelah ditelusuri ternyata berita tersebut tidak benar. Ketidak benaran berita tersebut berdasarkan keterangan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakkit Kementrian Kesehatan Anung Sugihantono pada saat diwawancarai Tempo - 24/01/2020.

Anggota tubuh yang diserang oleh virus corona adalah sistem pernafasan dan bisa menyebabkan kematian apabila tidak segera mendapatkan pertolongan. Gejala yang timbul akibat terjangkit virus corona ini biasanya demam batuk dan sesak nafas (Sulianti Saroso - Direktur Medik dan Perawatan RSPI 24/01/20). Untuk menghindari penularan virus corona diharapkan untuk tidak bersentuhan dengan orang yang terjangkit dan selalu menggunakan masker.
Virus corona pertama kali ditemukan di wilayah Wuhan Provinsi Hubei China. Virus corona santer diberitakan berasal dari satwa liar kelelawar yang diperdagangkan secara ilegal di Wuhan China. Kebiasaan masyarakat China yang mengkonsumsi makanan ekstrim menjadi salah satu faktor munculnya virus corona. Beberapa makanan ekstrim yang sering dikonsumsi di sebagain wilayah China diantaranya adalah Testis Anjing, Kalajengking Goreng, Hotpot daging Anjing, Hasma, Huo Jia Lu, cakar Buaya, Laba-laba Goreng, guilinggao, sup ular, Baby Mice Wine, Burger Cindil,Plasenta Janin Manusia dan lain sebagainya (blogunik.com - merdeka.com). Sebelum virus corona, China juga menjadi tempat pertama munculnya virus SARS dan Flu Burung.

Virus corona tergolong jenis penyakit Zoonosis karena asal-usulnya berasal dari hewan dan menular ke tubuh manusia. Di negara China yang menjadi awal munculnya virus corona terdapat lebih dari 300 orang trindikasi terjangkit virus dan 6 orang meninggal dunia akibat virus corona. Tidak hanya di China, virus corona juga sudah menyebar kenegara tetangga seperti Jepang, Korea, Thailand dan Amerika Serikat. 

Karena penyebaran virus sangat cepat dan dampaknya bisa mengakibatkan kematian, pemerintah China menutup sementara akses masuk atau keluar kota Wuhan. Terdapat lebih dari 11 juta orang yang terisolasi di Wuhan, dampaknya semua orang berburu makanan untuk persediaan makanan dalam beberapa hari mendatang karena belum adanya kejelasan batas waktu penutupan kota Wuhan (liputan6.com). Penutupan kota Wuhan berlangsung hingga keadaan menjadi kondusif.

Saat ini vaksin atau obat untuk virus corona belum diketemukan, hal ini dikarenakan virus corona tergolong virus baru dan belum ada yang melakukan riset untuk pembuatan vaksin. Akan tetapi berdasarkan keterangan Wales Raina Maclntyre - kepala program penelitian biosekuriti di Kirby Institute menyatakan bahwa virus ini dapat dikendalikan tanpa obat-obatan atau vaksin. Pengendalian terhadap virus corona dapat dilakukan dengan peningkatan pengawasan, isolasi kasus, pelacakan kontak dan langkah-langkah pengendalian infeksi (kompas.com)

Agar tidak menyebabkan kegaduhan dimasyarakat, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada dalam menyikapi penyebaran virus corona. "Kita sudah siaga satu ini, enggak ada tidurnya. Jadi tenang, saya bekerja membantu masyarakat untuk tidak usah khawatir, Saya akan cek semua termasuk pintu-pintu masuk negara" (Terawan - Kemenkes 24/01/20).

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

2 komentar:

  1. Semoga segera ditemukan anti virusnya.

    BalasHapus
  2. Semakin lama dampaknya mengerikan juga ya.. Informasi tentang faktor munculnya juga simpang siur..

    BalasHapus