Membuat Bog

Pada kesempatan kali ini saya akan memuat artikel yang berisi tentang tata cara pembuatan blog di blogger. Blog merupakan sebuah situs web site dari blogger.com yang menyediakan  layanan unuk menshare artikel-artikel di dunia maya. Disitu kita bisa memberikan informasi terkini, catatan pribadi ataupun yang lain sesuai dengan keinginan kita. Banyak sekali situs penyedia layanan blog di dunia maya, diantaranya adalah:


    Blogger.com
    Wordpress.com
    Blogdetik.com
    Blog-roll.info
    Wordblog.pl
    dan masih banyak lagi....

Setelah masuk ke jendela bloger.com, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

Step 1. Untuk memulai membuat blog di blogspot langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan berkunjung ke situs resmi penyedia layanan blog. Karena tulisan ini membahas tata cara pembuatan blog di blogspot maka silahkan berkunjung ke alamat  www.blogger.com, setelah itu cari tombol Sign up yang ada di pojok kanan atas alaman blogger.

Step 2. Setelah ketemu klik tombol sign up tersebut, nanti akan muncul formulir pendaftaran pembuatan akun blog yang harus diisi seluruhnya. Untuk lebih mudahnya lihat gambar dibawah ini.

Penjelasan pengisian :
  1. Pada bagian Name, disitu terdapat dua kolom yaitu first dan last. Pada kolom first isi dengan nama depan kamu dan pada kolom last isi nama belakang kamu.
  2. Pada kolom Choose your username  masukkan alamat e-mail kamu, username ini nantinya berfungsi sebagai email login untuk akses ke dashboard blogspot kamu dan bisa juga untuk login ke Gmail.
  3. Pada kolom Create a Password, masukan password kamu, kalau bisa buat pasword yang rumit akan tetapi mudah diingat. pada Confirm your password silahkan masukkan password yang sama dengan password yang ada di kolom create a possword tadi.
  4. Pada kolom birth day masukkan tanggal/bulan/tahun *bulan: disitu tinggal milih dengan mengklik tombol month. Pada kolom Gender isi dengan jenis kelamin kamu.Pada kolom Phone, isi dengan nomor ponsel kamu, Pada kolom Curent your email masukkan alamat e-mail kamu atau di kosongkan juga ndak apa-apa.  
  5. Pada kolom type the two pieces of text, ketikan dua buah teks kode verifikasi yang ada di atasnya.  Selanjutnya beri tanda centang pada dua kotak kecil di bawahnya, dan yang terakhir Klik pada tombol Next step.
Step 3. Setelah selesai mengerjakan steep by steep diatas, maka pada layar akan ditampikan perintah untuk mem verifikasi akun. Untuk itu silahkan masukan nomor ponsel anda. Kemudian klik tombool Send Verifikation Code. Nanti kamu akan mendapat layang/sms dari google yang berisi  kode aktifasi.

Step 4.  Setelah mendapatkan kode Verifikasi dari goggle, masukkan kode verikasi sms tersebut pada kolom yang tampil kemudian klik tombol Verify.

Step 5.  Jika selesai dan berhasil menempuh steep diatas, kamu akan menjumpai sebuah halaman yang disitu kita diperintah untuk memasukkan foto. Untuk menambahkan foto silahkan klik add profile photo,  jika ingin langsung ke langkah selanjutnya silahkan klik tombol Next Step.

Step 6.  Kemudian akan muncul sebuah halaman yang berisi informasi berupa alamat e-mail yang bisa dipergunakan untuk Log in ke Gmail dan Blogger. Disitu berarti kamu telah memiliki sebuah akun google, selanjutnya silahkan klik tombol Back to blogger. Untuk mempercepat pembuatan blog maka klik Lnajut ke Blogger.

Sampai disini tidak ada kendala kan dalam pembuatan Blog............
Jika tidak ada kendala maka langsung aja kita menuju steep berikutnya......

Step 7.  Berikutnya kamu akan masuk ke halaman utama Dashboard blogger. Di dalam dashboard tersebutlah  kamu bisa membuat blog sesuai dengan keinginan mu. Disitu kita bisa membuat blog lebih dari satu. Itulah salah satu keistimewaan blogger. Untuk membuat blog baru langkah pertama yang harus kita tempuh adalah meng-klik tombol Blog Baru.

Step 8.  Setelah tombol blog baru diklik, akan keluar  jendela untuk pembuatan blog.  Pada bagian Judul, masukkan judul blog kamu *untuk judul blog kalau bisa dibuat sama dengan alamat blog kamu, hal ini digunakan untuk mempermedah mesin pencari untuk menemukan blog kamu. Pada kolom Alamat, isi dengana alamat blog yang kamu inginkan. Pada bagian template dibawah kolom pengisian judul blog dan kolom pengisian alamat blog, pilih salah satu template yang kamu inginkan.  Dan klik tombol buat blog.

Step 9. Setelah step by step di atas selesai, maka blog kamu siap untuk digunakan.  Untuk memposting klik tombol Pensil, untuk milihat blog yang udah kamu buat tadi maka klik tombol liat blog.

Semoga bermanfaat semangat terus dalam berkarya......

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 komentar:

Posting Komentar