Lambang Nahdlatul Ulama



Lambang NU diciptakan oleh KH. Ridlwan Abdullah, salah seo-rang pengurus A’wan Syuriah PBNU pereode pertama tahun 1926, mela lui hasil shalat istikharah ( shalat untuk meminta petunjuk langsung dari Alloh SWT ). Sehingga diyakini bahwa lambang itu tidak sembarangan.

Lambang NU terdiri dari Bumi dikelilingi tampar yang mengikat, untaian tampar berjumlah 99, lima bintang diatas bumi, yang tengah beru kuran besar, dan empat bintang di bawah bumi, serta terdapat tulisan Nah dlatul Ulama dalam bahasa Arab melintang di tengah garis bumi ( Katulis tiwa ) dan di bawah bumi ada tulisan NU dalam huruf latin.

Arti Lambang NU :
  1. Bumi ( bola dunia ) adalah tempat manusia berasal, menjalani hidup dan akan kembali. Sesuai dengan ayat 55 surat Thaha.
  2. Tampar yang melingkar dalam posisi mengikat adalah tali ukhuwah ( Per satuan yang kokoh. Sesuai dengan ayat 103 surat Ali-Imron.
  3. Peta Indonesia adalah bahwa NU didirikan di Indonesia dan ber-juang untuk kejayaan NKRI.
  4. Dua simpul ikatah di bagian bawah adalah hubungan vertikal kepada Alloh (hablum minalloh), dan hubungan horisontal dengan sesama manusia.
  5. Untaian tampar berlumlah 99 adalah nama-nama Alloh yang terpuji ( Asmaul Husna ) yang 99.
  6. Empat bintang kecil melintang diatas bumi bermakna Khulafaur Rosyi din yang terdiri dari : Abu Bakar as-Shidiq, Umar bin al-Khathab, Uts man bin Affan dan Ali bin Abi Thalib ra.
  7. Satu bintang besar terletak diantara empat bintang diatas bumi melam bangkan Rasulullah Saw.
  8. Empat bintang dibawah bumi adalah empat imam madzhab Ahlus Su-nah wal Jama’ah yang terdiri dari: Hanafi, Hanbali, Syafi’i dan Maliki.
  9. Jumlah bintang seluruhnya sembilan, bermakna Wali Songo penyebar agama Islam di tanah Jawa.
  10. Tulisan Nahdlatul Ulama’ dalam huruf Arab melintang ditengah bumi, berarti nama organisasi yang berarti Kebangkitan Ulama.
  11. Warna dasar hijau bermakna kesuburan.
  12. Tulisan warna putih bermakna kesucian.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

2 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya, jadi tahu arti logo NU

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama.... trimakasih juga udah mau berkunjung......

      Hapus