Mengenal Sosok Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara dengan R.A. Sutartinah

Ki Hajar Dewantara adalah salah satu pahlawan nasional yang berjuang dalam bidang pendidikan di Indonesia (Pendidikan Nasional). Berkat perjuangannya, nama beliau terkenal baik didalam maupun di luar negeri. Ki Hajar Dewantara merupakan cucu dari Sri Paku Alam III, nama asli beliau adalah R.M. Suwardi Surjaningrat. Ki Hajar Dewantara lahir pada hari Kamis Legi tanggal 2 Mei 1889. Ayah beliau bernama Kanjeng Pangeran Harjo Surjaningrat putra dari Kanjeng Gusti Pangeran Hadipati Harjo Surjosasraningrat (Sri Paku Alam III). Ki Hajar Dewantara (R.M. Suwardi) menikah dengan R.A. Sutartinah, beliau adalah putri dari G.P.H. Sasraningrat adik dari G.P.H. Surjaninrat. Hubungan Ki Hajar Dewantara dengan sang istri (R.A. Sutartinah) adalah sudara sepupu.

Baca Juga : Asal Usul Tuanku Imam Bonjol

Ki Hajar Dewantara dan R.A. Sutartinah mempunyai jumlah saudara yang banyak. Berikut merupakan silsilah singkat dari Ki Hajar Dewantara dan R.A. Sutartinah :

Kanjeng Gusti Hadipati Harjo Surjosasraningrat (Sri Paku Alam III) mempunyai petra sejumlah 7 (tujuh) orang,
~*K.P.H. Purwoseputro
~*B.R.M.H. Surjohudojo
~*K.P.H. Surjaningrat (Ayah Ki Hajar Dewantara)
~*B.R.M.H. Surjokusumo
~*B.R. Ayu Nototaruno
~*G.P.H. Sasraningrat (Ayah R.A. Sutartinah istri Ki Hajar Dewantara)
~*G.B.R. Ayu Hadipati Paku Alam VI

Kanjeng Pangeran Harjo Surjaningrat (Ayah Ki Hajar Dewantara) mempunyai putra sebanyak 9 (sembilan) orang,
~*R.M. Surjopranoto
~*R.M. Surjosiworo
~*R. Ayu Suwartijah Bintang
~*R. Ayu Suwardinah Surjopratiknjo
~*R.M. Suwardi (Ki Hajar Dewantara)
~*R.M. Djoko Suwarto (K.R.T. Surjaningrat)
~*R.M. Suwarman Surjaningrat
~*R.M. Surtiman Surjodiputro
~*R.M. Harun Al-Rasid

Gusti Pangeran Harjo Sasraningrat (ayah R.A. Sutartinah) berputra 13 (tiga belas) orang,
~*R.M. Prawiraningrat
~*R.M. Nataningrat Sutjipto
~*R.M. Suprapto
~*R. Ayu Martodirjo
~*R.M. Surojo Sasraningrat
~*R.Aj. Sutarjinah (istri Ki Hajar Dewantara)
~*R.Aj. Sukapsilah
~*R.M. Sujatmo
~*R.M. Sudarto Sasraningrat
~*R.Aj. Sulastri - Sujadi Darmoseputro
~*R.M. Sancojo Sasraningrat
~*R.Aj. Sukimin Hardjodiningrat

Ki Hajar Dewantara masih berhubungan kerabat dengan sang istri R.A. Sutarjinah karena sama-sama keturunan dari Sri Paku Alam III. Kadipaten Paku Alam merupakan salah satu kerajaan dari empat kerajaan di Jawa Tengah. Berdirinya kadipaten tersebut adalah yang paling akhir dibandingkan dengan tiga kerajaan lainnya. Jika Kerajaan Yogyakarta merupakan pecahan dari kerajaan Mataram yang berpusat di Surakarta (pemecahan ini berdasarkan ketentuan dalam perjanjian damai Gianti : 1755). Mangkunegaraan berdiri pada 1757 berdasarkan ketentuan perdamaian Salatiga.

Ki Hajar Dewantara wafat pada tanggal 26 April 1959, beliau wafat setelah melaksanakan tugas luhur mengabdi kepada bangsa Indonesia sejak berusia 24 tahun. Ki Hajar Dewantara merupakan perintis kemerdekaan, perintis pendidikan dan kebudayaan nasional. Karena perjuangannya tersebut beliau diangkat oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai Pahlawan Bangsa dan Bapak Pendidikan di Indonesia.

Untuk mengenang perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dibuatlah film dokumenter yang dibuat oleh perusahaan film negara. Pembuatan film tersebut dimulai pada tahun 1959 dan diakhiri pada 29 April 1959 bertepatan dengan pemakaman jenazah Ki Hajar Dewantara.

Tambahan (saran untuk Menteri Pendidikan dan Presiden RI)
Sebagai tambahan saya sangat setuju jika pendidikan sejarah khususnya sejarah kemerdekaan Indonesia diadakan lagi mulai dari pendidikan tingkat dasar. Menurut saya itu penting agar generasi muda Indonesia mengetahui, meneladani dan meneruskan perjuangan para pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa, raga dan hartanya demi kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga untuk memperkuat jiwa kebangsaan generasi muga Indonesia agar tidak mudah terpengaruh oleh aliran-aliran radikal yang ingin memecah belah PANCASILA dan NKRI.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 komentar:

Posting Komentar