Penemuan Mega Bumi (Kepler-10C)

Mega Bumi

My-Dock Astronomi - Astronom menemukan planet baru yang diberi nama "Mega Bumi". Astronom menemukan planet "Mega Bumi/Kepler 10-c" tersebut menggunakan teleskop kepler. Penemuan tersebut diperoleh menggunakan metode "melihat keberadaan planet dengan mengamati peredupan cahaya bintang" (metode transit).

Jenis planet ini merupakan planet batuan seperti bumi, akan tetapi memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari kelas planet bisa dikatakan "Bumi Super". Bumi Super tersebut mengorbit sebuah bintang yang jaraknya 560 tahun cahaya dari Bumi. Penemuan ini dipresentasikan astronom pada pertemuan American Astronomical Society di Boston.

Dengan ditemukannya planet "Super Bumi" ini membuat astronom menggaruk kepala. Berdasarkan pengalaman astronom, planet besar cenderung menarik banyak hidrogen sehingga akan lebih mirip Jupiter dan Neptunus.

Dimitar Sasselov dari Harvard Smithsonian Center for Astrophysics mengatakan "Cara yang pas untuk menyebutnya adalah sesuatu yang lebih besar dari "Bumi Super", bagaimana jika diberinama "Bumi Mega"?". BBC, (03/06/2014).

Berdasarkan penelitian Sasselov, "Mega Bumi" tersebut mempunyai massa lebih dari 17 kali massa Bumi, masa jenisnya  kurang lebih sekitar 7,5 gram per centimeter kubik. Dengan demikian membuat "Mega Bumi" menyerupai massa jenis batuan di Bumi, yaitu 5,5 gram per centimeter kubik).

Usia bintang induk planet tersebut adalah 11 miliar tahun, selisih 2 miliar tahun dari alam semesta sendiri.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

4 komentar:

  1. Ciptaan Allah begitu indah ya gan, blogwallking pagi gan kunjungan pertama salam kenal yuli. jika berkenan kunjungi balik yah thanks u

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga untuk mbak yuli.... trimakasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung.....

      Hapus
  2. Wah keren, begitu luasnya jagad kita, dan begitu Maha Besar Tuhan semesta alam. Tulisan yang keren sob, sangat menambah wawasan

    BalasHapus
  3. Makasih mas sudah berkunjung......

    BalasHapus