Wahana Cassini Temukan Lautan di Enceladus

Planet Saturnus Enceladus

My-Dock News - Wahana antariksa Cassini milik Badan Penerbangan Antariksa Amerika (NASA) akhir-akhir ini menemukan sebuah samudra dibawah permukaan es salah satu bulan plane Saturnus (Enceladus). Wahana Casini tersebut mengorbit sistem Saturnus sejak 17 tahun yang lalu, tepatnya tahun 1997.

Samudra yang ditemukan oleh wahana Cassini tersebut mempunyai wilayah yang sangat luas. Jika dibandingkan dengan wilayah bumi, luas samudra di bulan planet Saturnus tersebut membentang mulai dari Kutub Selatan hingga Selandia Baru. Berdasarkan perkiraan para pakar astronomi luas samudra di Enceladus tersebut membentang hingga hampir seluruh wilayah Enceladus. Akan tetapi para Pakar astronomi tidak mengetahui apakah luas samudra yang berisi air tersebut mencapai wilayah kutub utara.

Pimpinan tim Peneliti dari Sapienza University Roma Luciano Less mengatakan, "Letak samudra tersebut berada sekitar 40 Km dibawah lapisan es dan dasar samudra tersebut terdiri dari bebatuan".

Berikut komentar para pakar astronomi mengenai adanya samudra di bulan planet Saturnus (Enceladus):
Pakar keplanetan Cornell University Jonathan Lunine,
"Penemuan ini menjadikan Enceladus sebagai tempat potensial yang sangat menarik untuk mencari adanya makhluk hidup di Bulan planet Saturnus". 
Anggota dari tim riset dan pakar astronomi California Institute of Technologi David Stevenson,
"Hasil penemuan dan Riset ini sangat menarik dan menunjukkan kehebatan dari wahana Cassini".
Stevenson
"Penemuan dan Riset ini tidak seperti memetakan permukaan Bumi maupun Bulan. Ini lebih kasar dan mengagumkan, bahwa kita bisa melakukan sesuatu yang terbaik yang bisa kita lakukan", (03/04/14).
Penemuan lautan maupun samudra seperti ini tidak hanya ditemukan pada bulan planet Saturnus (Enceladus), akan tetapi juga terdapat di Titan, bulan lain Saturnus, serta bulan planet Jupiter. Hasil riset ini telah dipublikasikan pada jurnal Science, Kamis 03/04/14.


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 komentar:

Posting Komentar