Semburan Uap Air di Ceres

My-Dock News - Asteroid terbesar di tata surya yang diberinama Ceres kembali menampakkan fenomena luar biasa di luar angkasa. Asteroid yang diberi nama Ceres tersebut menyemburkan uap air ke antariksa. Fakta tersebut ditemukan oleh wahana antariksa Herschel milik Badan Antariksa Eropa/ESA dan di beritakan pada jurnal Nature edisi teranyar.

Para Ilmuan sudah lama memprediksi bahwa pada asteroid paling besar di tata surya (Ceres) tersebut mempunyai kandungan air. Akan tetapi baru kali ini Ceres menampakkan adanya kandungan air pada asteroid tersebut dengan menyemburkan uap air dan baru kali ini juga fenomena terebut dapat dideteksi oleh para peneliti.

Menurut keterangan para ilmuan astronomi, uap air yang disemburkan tersebut berasal dari suatu daerah berwarna gelap di permukaan Ceres. Akan tetapi penyebab munculnya semburan uap air tersebut belum diketahui. Semburan uap air di Ceres memag tidaklah banyak akan tetapi para ilmuan yakin bahwa yang disemburkan Ceres tersebut terdapat molekul air.

Salah satu pakar astronomi ESA, Michael Kuppers mengungkapkan, salah satu hipotesa penyebab munculnya semburan uap air pada Ceres karena adanya pemanasan oleh Matahari sehingga es yang terdapat pada Ceres menguap. Selain itu juga bisa karena adanya energi di interior Ceres. Energi pada interior Ceres tersebut sama seperti Gletser, bedanya karena tekanan rendah di permukaan asteroid, air keluar dalam bentuk gas, bukan cairan.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

10 komentar:

  1. Makasih infonya sob sungguh bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama... makasih sudah berkunjung.....

      Delete
  2. Replies
    1. makasih mas.... ya nanti tak coba ikutan.... makasih infonya.....

      Delete
  3. mantap gan, lanjutkan sharingnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. okey juragan, hehe... makasih udah berkunjung....

      Delete
  4. berarti ada kemungkinan mahluk idup di planet tersebut ya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..... ya belum tentu sob.... itukan masih tanda-tanda....

      Delete