NuStar Berbentuk Tangan Raksasa

Nuclear Spectroscopic Stero Array (NuStar)
My-Dock News - Kemarin, Jum'at 10-01-2014 Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika kemba menemukan venomena luar biasa yang terjadi di tatasurya. NASA menangkap citra Nuclear Spectroscopic Stero Array (NuStar) yang berbentuk menyerupai tanggan kiri raksasa. (NuStar) yang berbentuk tanggan kiri raksasa tersebut berjarak 17.000 tahun cahaya dari planet Bumi. Lebih tepatnya terletak pada konstelasi Circius.

NuStar yang berbentuk tangan raksasa ini sebenarnya timbul akibat meledaknya suatu bintang yang kemudian membentuk semburan awan material di luar angkasa. NASA memberinama Nuclear Spectroscopic Stero Array (NuStar) ini degnan sebutan PSR B1509-58 (B1509).

NASA menemukan Nustar berbentuk tangan raksasa tersebut pertama kali dicitrakan menggunakan sinar-X. Dari situ tampak sebuah awan material yang menyerupai tangan raksasa berwarna biru. Sedangkan cahaya yang mempunyai energi rendah tampak berwarna hijau dan merah.

Bagaimana Nuclear Spectroscopic Stero Array tersebut bisa berbentuk seperti tangan raksasa ? Berikut keterangan dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA),
"Bagian utara di mana struktur mirip tangan terletak lebih menyusut daripada bagian selatan, di mana semburan terletak, menunjukkan dua area yang secara fisik berbeda. Awan merah di ujung struktur serupa jari adalah struktur yang berbeda, disebut RCW 89. Astronom berpendapat, angin pulsar memanaskan awan, menyebabkannya berkilau dalam sinar X berenergi rendah."

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

4 komentar:

  1. terimakasih infonya sob , sangat bermanfaat banget .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama..... trimakasih sudah berkunjung.....

      Delete
  2. saking canggihnya alat smpai hal dmkian bs terliht? woww
    slm kenl y sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas.... trimakasih udah mau berkunjung...

      Delete